Massa aksi menyampaikan aspirasinya di depan gedung fakultas Kampus Banta-bantaeng, Kamis (12/9). (Foto: Muhammad Ilham Akbar. B)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengeluhkan sikap birokrasi kampus. Hal itu, lantaran lembaga yang sebelumnya telah berganti pengurusan ini hingga sekarang belum juga dilantik.

Ketua terpilih HMJ Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Syahrullah mengungkapkan, penyebab Lembaga Kemahasiswaan (LK) tingkat jurusan tersebut tidak dilantik, karena dirinya tidak diakui dan ditolak sebagai pucuk pimpinan. Alasan penolakannya itu, dikarenakan dirinya merupakan mahasiswa angkatan 2016.

“Selepas terpilih, saya juga sempat menghadap ke pimpinan jurusan untuk bawakan hasil-hasil musjur. Tapi ditolak,” ungkapnya saat ditemui selepas aksi Aliansi LK FIK UNM, Kamis (12/9).

Lebih dalam, ia juga mengatakan, tidak dilantiknya HMJ Pendidikan Kepelatihan Olahraga merupakan bentuk intervensi birokrasi terhadap kegiatan kelembagaan mahasiswa. Pun alasan penolakan birokrasi untuk melantiknya juga tidak masuk akal.

“Alasannya, tidak mau kalo ketuanya angkatan 2016. Padahal ada beberapa LK di sini yang ketuanya juga mahasiswa angkatan 2016 tapi cuman kami yang tidak dilantik,” tuturnya.

Dirinya beranggapan apabila dilihat dari Pedoman Umum Lembaga Kemahasiswaan (PULK), mahasiswa angkatan 2016 bisa menduduki posisi ketua umum LK tingkat jurusan. Ia juga mengaku, hal seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi, di periode sebelumnya pun HMJ Pendidikan Kepelatihan Olahraga juga tidak sempat dilantik bahkan hingga berganti kepengurusan.

“Stop intervensi LK. Sudah dua periode ini tidak dilantik, dengan alasan yang tidak masuk akal,” akunya.

*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B