Rektor UNM, Husain Syam saat mengenakan jaket KKN secara simbolis kepada mahasiswa (10/9). (Foto: Muhammad Ilham Akbar. B)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makasssar (UNM) resmi melepas 2492 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester ganjil periode akademik 2019/2020, Selasa (10/9). Pelepasan tersebut berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM Makassar.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM, Bakhrani Rauf mengungkapkan program KKN yang akan dijalani mahasiswa ini merupakan bentuk aktualisasi ilmu dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga diharapkan agar mahasiswa menjadikan KKN sebagai momentum pengabdian kepada masyarakat.

“KKN adalah bentuk aktualisasi kelimuan sekaligus pemberdayaan pada masyarakat. Oleh karena itu, kami berharap KKN menjadi momentum pendekatan UNM pada masyarakat dengan mengimplementasikan ilmunya secara langsung,” ungkapnya.

Guru Besar Fakultas Teknik (FT) tersebut melanjutkan kepada mahasiswa KKN untuk menjaga nama baik almamater Kampus Orange UNM. Tak hanya itu, demi menciptakan kesan yang baik di masyarakat, dirinya juga menghimbau, sebelum pemberangkatan ke lokasi agar mahasiswa laki-laki memangkas dan merapikan rambutnya, khususnya mereka yang gondrong.

“Supaya dipotong (rambut) sebelum berangkat KKN dan jagalah almamater kita yang tercinta, UNM,” pesannya.

Adapun pelepasan tersebut diikuti oleh peserta KKN Internasional sebanyak 25 orang, KKN Reguler 505 orang, KKN-PPL Terpadu 1812 orang, dan KKN Tematik Keaksaraan yang akan memberantas buta aksara di Kabupaten Bone sebanyak 150 orang.


*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B