Aksi BEM FMIPA UNM (foto: Ayu-Profesi)


PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar seruan aksi. Aksi demonstrasi tersebut berlangsung di Pelataran Gedung Sains Square (SS) FMIPA UNM, Senin(9/9).

Wakil Dekan III FMIPA UNM, Syukri Nyompa, turut hadir dalam aksi tersebut. Selain WD III, hadir pula jajaran-jajaran Wakil Dekan di fakultas biru itu. Dalam pidatonya, Syukri Nyompa menyampaikan bahwa segala masalah yang muncul dari jurusan maupun Program Studi (Prodi,) sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu ditingkatan tersebut. Jika permasalahan tersebut kompleks maka bisa ditindaklanjuti di fakultas.

“Selesaikan dulu tingkat jurusan, kalau nda bisa baru fakultas,” jelasnya.

Setelah menyampaikan itu, Syukri Nyompa mengajak berdialog. Pada dialog ia mengatakan, dulu pernah melarang mahasiswa baru (maba) berkegiatan di luar kampus, dan hingga saat ini belum dicabut.

Ia bahkan pernah di tegur oleh Rektor serta WD II karena hal tersebut. “Tahun kemarin saya dapat teguran dari WD II karena ada anak LK pake izin bergiatan bukan lembaga. Saya juga pernah ditegur oleh Rektor karena anak Biologi dan Fisika melaksanakan seminar nasional secara bersamaan dan mengundang Rektor,” katanya.

Kesimpulan dari dialog antara mahasiswa FMIPA dengan Birokrasi FMIPA yaitu Merealisasikan tuntutan dari Aksi tersebut secara kekeluargaan dan membuat aturan terkait masalah tersebut pada Workshop Fakultas yg dimana akan diadakan paling lambat satu minggu setelah dialog. Aturan yang dibuat guna memberikan pegangan terhadap LK se FMIPA untuk kedepannya.

Adapun kesepakatan khusus untuk Jurusan Matematika yaitu pihak Jurasan akan berjanji untuk tidak akan membiarkan hal-hal yang sama terhadi yakni intervensi terhadap LK jurusan Matematika tetapi Pihak LK pun harus senantiasa melakukan koordinasi terhadap pimpinan jurusan atau pihak yang terkait dalam setiap kegiatan LK HMJ Matematika FMIPA UNM kedepannya.(*)

*Ratu Fathonah Amalia