Pembukaan FLI 2019 Goes to Campus. (Foto: Muhammad Ilham Akbar. B - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Kalangan mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) berkesempatan mengikuti Festival Literasi Indonesia (FLI) 2019 Goes to Campus. Talkshow, Kamis (5/9) tersebut digelar di Kampus Tidung FIP UNM, Makassar.

Kegiatan bertajuk “Pendidikan Luar Sekolah dalam Gerakan Literasi Masyarakat” ini merupakan acara tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Adapun tahun ini, Kota Makassar berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksana FLI 2019 yang memperingati Hari Aksara Internasional tersebut.

Dalam kegiatan ini mahasiswa dipertemukan dua pembicara, mereka adalah Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Sulawesi Selatan, Pria Gunawan dan Atif Natadisastra yang juga seorang penggiat literasi.

Salah seorang mahasiswi angkatan 2018, Uswatun Hasanah turut mengapresiasi kegiatan tahunan itu. Gerakan literasi masyarakat dan PLS menurutnya adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan, apalagi jika dipandang dari segi karakter mahasiswa.

“Bagus kak, jadi kita juga paham bagaimana keterkaitan PLS dan literasi pada masyakarat. Rasanya dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Atif Natadisastra turut berpesan kepada mahasiswa PLS agar lebih peka dan peduli pada persoalan literasi masyarakat. Sebab, menurutnya PLS-lah yang pada umumnya berorientasi dan memiliki kontribusi banyak pada pendidikan masyarakat dengan salah satu caranya berpartisipasi di gerakan literasi masyarakat.

“Perlu banyak melibatkan diri dalam kegiatan literasi, kalo di jurusan lain punya kepedulian tentunya kita yang notabene salah satu gerakannya ada pada pendidikan masyakarat. Harus punya kepekaan yang lebih,” pesannya.


*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B