PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) lakukan field trip. Kegiatan tersebut berlangsung di desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Jumat (30/8).

Wisata Alleperenge adalah salah satu destinasi wisata alam di Desa Bacu-bacu yang indah tetapi belum terekspos.

Bakti Riset mengajak dam membimbing IPPMB (Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Bacu-bacu) untuk mengolah objek wisata menjadi eduwisata. Tujuannya, agar wisatawan tidak hanya sekadar berwisata tetapi juga dapat belajar dari alam. Peserta juga berdiskusi bersama Dinas pemerintah dan masyarakat setempat bisa melanjutkan pengelolaan eduwisata.

Penanggung jawab kegiatan, Andi Irhamia mengungkapkan, tujuan simulasi diadakan agar pemuda yang nantinya akan melanjutkan pengelolaan wisata ini memahami konsep field trip.

“Diharapkan peserta mampu menerapkan konsep tersebut krtika wisatawan datang bekunjung di Alleperenge. Selain itu, peserta akan memetakan titik peletakan rambu-rambu dan gapura yang akan dipasang di tempat wisata sekaligus pembuatan video pariwisata,” katanya.

Bentuk Simulasi field trip yang dilatihankan meliputi administrasi dan ticketing. Dilanjutkan dengan naik motor bersama mulai pintu masuk hingga setengah perjalanan, parkir di lokasi yang ditentukan, dab tracking ke tempat wisata Allepperenge. Guide menjelaskan edukasi yang ditawarkan di Allepperenge seperti agro dan budaya. Puncak kegiatan berlangsung dengan sajian panaroma sunset dan sunrise yang dari puncak Allepperenge.

*Reporter: Arwinda Al Muntaz