Suasana saat berlangsungnya lomba robot di fakultas teknik UNM. (Foto: Nurul Istiqamah-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar menggelar kompetisi robot dalam rangka memeriahkan Dies Natalis yang ke-55. Kegiatan berlangsung di Gedung Dekanat FT UNM, sejak Kamis-Sabtu (29-30/8).

Ketua panitia, Muhammad Akil mengatakan kegiatan tersebut mengusung tema ‘Ready To Face The Industrial Revolution 4.0 by Developing The Robot Technologi’. Hal itu sebagai jawaban dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. sementara kategori lomba yang diangkat adalah Line Follower Robot.

“Ada garis trek yang ditentukan sebagai tantangan robot itu. Seperti siku, tikungan dan pertigaan. Itu akan menguji sejauh mana robot dapat menghadapi rintangan berdasarkan sensor cahaya,” jelasnya.

Lanjut ia menambahkan kompetisi ini diikuti oleh 41 peserta se-Sulawesi selatan. Peserta berasal dari mahasiswa dan SMA/SMK se-Sulawesi selatan.

“Lombanya hanya satu dan untuk umum. Tidak ada perbedaan kategori dalam perlombaan entah dia mahasiswa atau siswa,” tambahnya.

Dosen Vokasional Mekatronika ini berharap melalui kegiatan ini bisa membantu peserta dalam mengaplikasikan pengetahuaannya. Salain itu ia berharap melalui kegiatan seperti ini akan memperkanlkan FT UNM, secara tidak langsung.

“Kedepannya semoga bisa diadakan lomba dengan item yang lebih menantang dan menarik lagi,” tambahnya.

*Reporter : Nurul Istiqamah