Bakti Riset 2019. (foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Bakti Riset 2019 di SMPN 5 Bacu-bacu, Kabupaten Barru. Acara pembukaan kegiatan tahunan UKM LPM Penalaran UNM ini berlangsung pada (27/8) siang.

Ketua Umum UKM LPM Penalaran UNM, Wahyudin mengatakan Bakti Riset tahun ini mengusung tema ‘Riset Membumi, Masyarakat Berdaya’. Tema itu merupakan representasi dari tujuan kegiatan ini, yakni memberdayakan masyarakat melalui riset.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi (PT) poin pengabdian masyarakat. Kami berkomitmen ingin memberdayakan masyarakat melalui riset,” katanya.

Kegiatan ini dibuka langsung Sekertaris Camat Pujananting, Abdul Rahman. Dalam sambutannya ia menyampaikan aspirasi terhadapa bakti riset ini.

“Biasanya penelitian cuma dibaca saja, nah saya senang sekali ada yang menerapkan hasil riset semacam ini, apalagi lokasinya di Desa Bacu-bacu, salah satu desa yang masih dikategorikan desa terpencil di Barru,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Barru Andi Syarifuddin mengatakan kegiatan Bakti Riset 2019 sejalan dengan harapan pemerintah yakni mengubah visi masyarakat dari membangun desa menjadi desa membangun.

“LPM Penalaran UNM telah mengoptimalkan potensi sumber daya alam melalui pemberdayaan masyarakat,” katanya.


*Reporter: Rara