Mahasiswa KKN-PPM UNM Desa Tadangpalie, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik Cair. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik cair .Kegiatan ini berlangsung di Dusun Toddasalo, Desa Tadangpalie, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Saptu (24/8).

Kepala Dusun toddasalo, Nidar, mengapresiasi kegiatan tersebut karena pelatihan yang diikuti puluhan masyarakat ini dapat melatih masyarakat dalam membuat pupuk organik yang ramah lingkungan dan bersifat ekonomis.

“Sangat bermanfaat dan menambah wawasan warga desa tadangpalie dalam pembuatan pupuk, setelah melihat ini mereka bisa melakukannya sendiri terutama untuk pupuk kompos dan pupuk cair,” ujarnya.

Lanjut, ia menambahkan bahwa masyarakat juga sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Bisa membantu masyarakat dalam mengolah pertanian di desa tersebut.

“Masyarakat desa sangat bangga kepada kegiatan ini dikarenakan mendapat pengetahuan tambahan tentang tata cara pengelolaan pertanian melalui pembuatan pupuk organik cair,” katanya.

Setelah kegiatan praktek pembuatan pupuk organik. Dosen pembimbing KKN-PPM UNM menyerahkan alat teknologi tepat guna pengasapan ikan sederhana kepada bapak kepala Desa Tadangpalie, guna mengembangkan perekonomian desa menjadi desa mandiri.

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan