Ilustrasi-penipuan, (Foto: Int).

PROFESI-UNM.COM– Mahasiswa baru (Maba) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi korban penipuan berkedok pinjam Handphone (HP). Kejadian ini terjadi di gerbang sebelah barat Kampus Gunung Sari, Jumat (23/8).

Hal ini diungkapkan oleh mahasiswa baru FIS yang menjadi korban penipuan tersebut. Korban (FK), mengungkapkan bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan oleh orang tidak dikenal di dalam kampus. Sehingga menyebabkan ia kehilangan telepon genggam (HP) miliknya. Kejadian ini berlangsung sebelum sholat jumat saat dirinya ingin keluar dari kampus.

“Awalnya dia itu (pelaku) datang minta tolong pinjam hp untuk telepon adeknya yang ditahan di sekret ekonomi karena telah dipukuli, akhirnya saya pinjamkan baru pergimi dia. Namun sampai sore, saya tunggu itu orang tapi tak kunjung kembali,”ungkapnya.

Lanjut, ia mengatakan awalnya ia sempat menolak karena dirinya mengaku tidak punya pulsa untuk menelepon. Akan tetapi, si pelaku membelikan pulsa Rp.10.000 untuk didaftarkan telepon gratis agar bisa menghubungi adeknya yang ditahan.

Na isikanka pulsa Rp.10.000, terus na kasih ma kembali hpku untuk telponkan adeknya. Saat ku telpon beberapa kali tidak aktif ki nomornya. Tapi, nda lama kemudian adami kembali menelpon, jadi ku kasih ki lagi. eh setelah bicara, pergi mi itu orang bawa hp ku dan adaji kunci motor na kasih ka sebagai pegangan jadi nda curiga ja, tapi ternyata itu kunci motor cuma kunci duplikat ji dan ndada juga motornya na liatkan ka,” katanya saat ditemui di Taman FIS.

ia menambahkan bahwa hal ini sudah dikawal dengan teman-teman di himpunan, dan rencananya akan ke polsek untuk melapor kejadian tersebut. Setelah mengalami kejadian kurang mengenakkan tersebut, ia juga berpesan untuk teman-teman mahasiswa baru agar lebih hati-hati lagi dengan orang yang tidak dikenal, apalagi di FIS mudah dikenali kalau Maba karena setiap harinya menggunakan pakaian hitam putih.

*Reporter: Nur Fazila