(Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meloloskan sebanyak 21 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-32. Salah satu jenis PKM Gagasan Futuristik Konstruktif Agen Neptunus Indonesia menjadi salah satu judul yang berhasil ikut serta dalam kegiatan yang akan berlangsung di Universitas Udayana Bali, pada tanggal 27-31 Agustus mendatang.

PKM-GFK ini bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya. Pun memikirkan tatakelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa indonesia.

Ketua tim, Muhammad Thafshir Triansha pun bercerita tentang awal mula membuat ide kreatif tersebut. Tim ini berawal dari rasa penasaran hingga terbentuk beberapa orang menjadi satu tim yang kebetulan semua anggota tim merupakan alumni dari KKN-ENJ 2018.

“Sementara itu, dua rekan lainnya Ulfa Aulia Syamsuri mahasiswa Geografi angkatan 2016, dan Ismail Sudirman mahasiswa Pendididkan Teknik Informatika dan Komunikasi angkatan 2015 yang dibimbing langsung oleh Dosen Fisika Mutahharah Hasyim,” tuturnya.

Mahasiswa Pendidikan Fisika ini juga menuturkan, PKM-GFK didesain berupa video dan di ekspos melalui Youtube. Judul ini mengacu pada Tujuan SDGs 14 Ekosistem lautan , salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. Hal ini disebabkan karena Indonesia adalah negara maritim dan memiliki target untuk menjadi poros maritim dunia di masa yang akan datang.

Ia juga mengaku sangat bangga dan bahagia menjadi satu satunya tim PKM-GFK yang lolos hingga ke PIMNAS. Thafshir juga berharap ia dapat memberikan hasil terbaik di PIMNAS nanti dan membawa pulang medali, membanggakan Universitas dan almamater.

“Sangat bangga menjadi salah satu bagian dalam tim ini, dan berharap bisa menyumbangkan medali untuk almamater,” harapnya.

*Reporter: Rara Astuti