Suci Yati, Khusnul Khatima, dan Endang Nila berfoto bersama dengan masyarakat Bima. (Foto: Ist)


PROFESI-UNM.COM – Tiga mahasiswa inovatif Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) siap berkompetisi tingkat nasional dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 di Universitas Udayana Bali, pada tanggal 27-31 Agustus 2019 mendatang.

Mereka adalah Suci Yati, Khusnul Khatima, dan Endang Nila. Untuk kategori Penelitian Sosial Humaniora (PSH) dengan judul proposal “Budaya Rimpu Dikalangan Anak Muda Bima”.

Suci Yati dan kawan-kawannya meneliti Rimpu, sebuah budaya dalam dimensi busana pada masyarakat Bima. Budaya “Rimpu” telah hidup dan berkembang sejak masyarakat Bima menerima islam yang dibawa oleh orang-orang Sumatra melalui hubungan antara Kerajaan Bima dengan Gowa.

“Rimpu adalah cara berbusana masyarakat Bima-Dompu yang menggunakan sarung khas Bima-Dompu. Pakaian ini telah menjadi identitas masyarakat setempat dan memiliki makna filosofi yang dalam. Secara historis budaya ini sudah ada sejak Islam masuk di Bima pada abad ke-17 Masehi,” terang Suci Yati selaku Ketua tim.

Mahasiswa Pendidikan Sejarah ini merasa sangat bersyukur mampu mengharumkan nama UNM di kancah nasional lewat event Pimnas. Tim mahasiswa atas bimbingan Bustan ini juga telah mempersiapkan materi persentasi dan kebutuhan lainnya.

“Lolos ini adalah keberhasilan tim, Khusnul Khatima, dan Endang Nila, bapak Bustan selaku pembimbing, mitra kami, dan juga UNM yang sudah men-support dengan sangat baik. Saat ini kami sedang menyiapkan segala kebutuhan untuk kegiatannya nanti,” ungkap Suci.

Sementara itu Dosen Pembibing, Bustan berharap melalui kegiatan ini Budaya Rimpu lebih dikenal lagi khususnya oleh pemuda Bima sebagai masyarakat pendukungnya. Secara khusus ia berharap Tim Bimbingannya ini mampu meraih gelar juara. “Semoga kegiatannya lancar dan mereka mampu mengharumkan nama UNM,” harapnya.


*Reporter: Arwindah Al-Muntaz