Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Negeri Makassar (PKM UNM) melakukan penerapan penggunaan terhadap aplikasi Mendeley. (Foto; Ist)

PROFESI-UNM.COM – Sebagai perwujudan TRI Darma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian, tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Negeri Makassar (PKM UNM) melakukan penerapan penggunaan terhadap aplikasi Mendeley.

Tim PKM UNM yang diketuai oleh Muhammad Imam Ma’ruf dan beranggotakan Sri Astuty, serta Andi Samsir ini bertujuan untuk melawan segala bentuk plagiarisme. Di mana plagiarisme sendiri adalah penggunaan gagasan atau perkataan orang lain tanpa memberi penghargaan atau pengakuan atas sumbernya.

“Plagiarisme mencakup perbuatan, seperti mencuri gagasan, pemikiran, proses, dan hasil penelitian orang lain, baik dalam bentuk data maupun perkataan, termasuk bahan yang diperoleh dalam penelitian terbatas yang bersifat rahasia. Salah satu upaya untuk mencegah plagiarisme adalah menggunakan aplikasi Mendeley,” kata Imam Ma’ruf, pada Rabu (21/8).

Imam menjelaskan sekaitan dengan aplikasi tersebut, awalnya telah resmi dirilis sejak 2008 dengan tiga bentuk platform, yaitu desktop platform, web platform, dan mobile platform.

“Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bersifat open source sehingga dapat digunakan secara gratis,” jelasnya. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama