Foto bersama setelah seminar hasil. Foto:Ist

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar seminar hasil penelitian dengan judul ‘Solusi Pemasalahan Sosial Kecanduan Game Online Menggunakan Pemodelan Matematika SEIR Pada Siswa SMP’. Berlangsung di SMP Negeri 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang, Selasa (6/8).

PKM yang di ikuti merupakan PKM-P (PKM-Penelitian). Adapun tujuan dari seminar hasil ini adalah untuk publikasi ilmiah pada kasus kecanduan game online tersebut.

Seminar tersebut dihadiri oleh Dosen Matematika UNM, Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang serta Mahasiswa UNM. Peserta terlihat antusias dalam seminar ini dan Guru-guru yang hadir mengapresiasi adanya hasil penelitian permasalahan sosial tersebut.

Penelitian yang diketuai oleh Nurul Azizah Muzakir ini menghasilkan terbentuknya model matematika SEIR kecanduan game online pada siswa SMP, simulasi tersebut dalam bentuk grafik prediksi jumlah siswa kecanduan dan sembuh, serta rekomendasi yang diberikan kepada pengambil kebijakan dalam upaya untuk mengurangi jumlah siswa yang kecanduan game online.

Azizah mengharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membuat siswa sadar akan bahaya game online serta dapat meminimalisir jumlah siswa yang telah dan akan mengalami kecanduan.

“Saya harap penelitian ini membuat adik-adik sadar bahwa bermain game secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis dan bagi orang tua agar mengawasi anak-anaknya dalam bermain gadget yang berlebihan,” harapnya.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia