Foto bersama saat pemeran dan pelatihan mengolah limbah plastik, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaraan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) pahamkan masyarakat Takalar tentang limbah plastik. Kegiatan ini berlangsung di Desa Aeng Batu–Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar, sejak 10 Juli hingga 15 Agustus.

Ketua Posko, Supriyadi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai limbah plastik. Dengan cara mengadakan seminar, sosialisasi, pameran dan pelatihan, serta memperkenalkan alat penyulingan dari sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (solar) “Untuk meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika (PTA) ini melanjutkan, pada acara seminar mereka mengajarkan masyarakat tentang pembuatan penyulingan sampah plastik dan bank sampah, serta kerajinan dari limbah plastik. “Seminar desa itu tentang cara daur ulang sampah menjadi kerajinan, kemudian pembuatan bank sampah dan penyulingan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak berupa solar,” lanjutnya.

Ia berharap, masyarakat bisa lebih sadar dengan dampak dari limbah plastik dengan ikut berpatisipasi pada pengolahan limbah tersebut. “Harapan kami masyarakat setempat sadar dan mau ikut andil dalam mengelola limbah plastik,” harapnya.

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia