Rektor UNM, Husain Syam membeberkan delapan program studi yang paling banyak diminati di jalur mandiri saat konferensi pers di Rumah Makan Ujung Pandang, Selasa (23/7) - (Foto: Wahyudin - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) menerima 3659 mahasiswa baru di jalur mandiri. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari kuota yang disediakan. Sebelumnya, kuota yang disediakan UNM khusus jalur mandiri hanya 30 persen yaitu sebanyak 1800. 

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan jumlah mahasiswa baru yang diterima jalur mandiri melebihi kuota karena untuk mengisi kekosongan kursi yang tidak mendaftar ulang di jalur SBMPTN. Sehingga UNM menerima di jalur terakhir ini agar kuota terpenuhi.

“Ibarat pesawat yang akan take off, rugi jika berangkat sementara masih ada kursi kosong,” katanya dengan menganalogikan jalur mandiri.

Ia menjelaskan, jika menerima mahasiswa baru melebihi kuota jalur mandiri itu tidak melanggar. Menurutnya, wajar PTN melakukannya agar tidak rugi dan karena jalur mandiri merupakan jalur terakhir.

“Jika ada yang tidak mendaftar ulang jalur SBMPTN itu kuotanya boleh di alihkan ke mandiri meskipun hingga 50 sampai 80 persen, itu tidak menjadi masalah,” jelasnya saat konferensi pers di RM. Ujung Pandang 23 Juli lalu.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia