Mahasiswa KKN-PPM saat melakukan praktik pembuatan nugget dari olahan ikan bandeng- (Foto : Ist)

PROFESI-UNM.COM– Sebanyak 25 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar usaha diversifikasi produk perikanan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Mandalle Kabupaten Pangkep, Minggu (28/7).

Adapun item dalam kegiatan tersebut yaitu pelatihan pembutan nugget dari olahan ikan bandeng, yang diawali dengan pemberian materi, kemudian pembuatan, hingga pengemasan nugget ikan bandeng. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi  yang mengarah ke pemberdayaan masyarakat secara langsung dalam hal menerapkan ilmu dan pengalaman baru serta menumbuh kembangkan usaha kreatif lokal di desa Mandalle.

Antusias masyarakat yang besar ditunjukkan oleh kehadiran masyarakat sekitar khususnya para ibu rumah tangga, komunitas wanita, hingga siswa- siswi sekolah menengah yang turut andil dalam kegiatan ini.

“Hal yang sangat menarik untuk masyarakat dari kegiatan ini, khususnya bagi kalangan wanita sebagai ajang memperkaya pengalaman agar kedepannya bisa menjadi ibu rumah tangga yang tidak hanya terampil memasak tapi juga terampil dalam berwirausaha,” ujar ketua PKK desa Mandalle.

Pembutan nugget dari ikan bandeng dilatar belakangi oleh mayoritas petani tambak yang membudidayakan ikan bandeng. Selain dari diversifikasi program perikanan, dilaksanakan pula program kerja tambahan yang diusung oleh mahasiswa KKN PPM setelah di adakan observasi kebutuhan masyarakat  di desa Mandalle.

Sejumlah program kerja tambahan telah di laksanakan oleh mahasiswa KKN PPM UNM seperti, bimbingan mengaji, mengajar di sekolah, pelatihan pembutan pupuk kompos dan taman sayur herbal. Kepala desa MandalleAbd Rahman Aso dalam sambutannya  berharap semua program kerja yang di usung oleh mahasiswa KKN PPM dapat berjalan dengan baik.

“Kami mendukung segalah program kerja yang di usung oleh adik-adik mahasiswa KKN PPM UNM karena pastinya program kerja ini juga untuk masyarakat kami,” tuturnya.


*Reporter : Aulia Ayu Aprilia Zabir