Tim PKM-T UNM dengan karyanya Bofercao Tech (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) Universitas Negeri Makassar (UNM) raih juara ketiga dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (26/7). Karya yang dibuat oleh keempat mahasiswa Fakultas Teknik (FT) ini merupakan alat fermentasi kakao otomatis bernama Box Fermentation Cacao Technology (Bofercao Tech).

Dalam kompetisi yang diikuti oleh beberapa perwakilan perguruan tinggi se-Sulsel tersebut, mereka menjadi satu-satunya tim yang mewakili UNM. Dengan juri yang dihadirkan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulsel, tim ini memperoleh skor 304.

Ketua tim, Sheva mengatakan karya yang mereka ikut sertakan ini dapat membantu masyarakat petani dalam proses fermentasi kakao. Hal itu tersebut dikarenakan, Bofercao Tech bekerja secara otomatis yang jadinya masyarakat akan bisa menghemat waktu dan tenaga mengolah buah tersebut.

“Jadi kami ikut lomba ini dengan alat Bofercao Tech yang dapat digunakan secara otomatis dan tidak menggunakan tenaga manual lagi,” pungkasnya.

Mahasiswa Prodi Vokasional Mekatronika ini mengaku sangat bersyukur saat mendengar pengumuman bahwa timnya berhasil meraih juara dalam kompetisi tersebut. Lantas dengan ini, ia bertekad untuk terus membuat inovasi yang bisa membantu masyarakat.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas juaranya dan semoga bisa lebih baik lagi dan membuat inovasi-inovasi yang lebih banyak untuk mewujudkan kesejahteraan maksyarakat,” ungkapnya.

Adapun keempat mahasiswa ini ialah, Ketua tim, Sheva (Prodi Vokasional Mekatronika), Hafidz (Prodi Vokasional Mekatronika), Nurfailah (Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian) dan Mudarris (Prodi Pendidikan Teknik Elektro).


*Reporter : Dewan Ghiyats Yan Galistan