Foto bersama Mahasiswa KKN-PPM UNM bersama IRT- (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Ibu Rumah Tangga (IRT). Kegiatan tersebut berlangsung di Perpustakaan Desa Wecole Pujie, Kabupaten Barru, Jumat (26/07).

Pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM ini mengajak para ibu-ibu untuk dapat mengembangkan usaha mandiri melalui pengolahan ikan laut sebagai Sumber Daya Alam (SDA) utama di daerah pesisir tersebut. Selain diberi pelatihan membuat Nugget dan Otak-otak ikan, para peserta juga dibekali pengetahuan untuk meningkatkan nilai jual produk olahan tersebut.

Salah seorang mahasiswa KKN-PPM, M. Datsir mengungkapkan produk olahan dapat membantu para IRT untuk meningkatkan penghasilan keluarganya dengan berwirausaha.

“Produk olahan yang kami latihkan ini nilai jualnya bisa naik apabila diberikan kemasan dan label. Hal ini bisa membantu ibu-ibu untuk dapat buka bisnis tanpa harus repot keluar rumah,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dusun Cenrapole, Daksur sangat mengapresiasi kegiatan berwirausaha yang dilakukan oleh IRT yang ada di perpustakaan Desa Wecole Pujie. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka.

“Saya rasa pelatihan ini sangat bagus ya, mengingat memang di daerah kita ini banyak sekali hasil laut. Jadi warga di Pancana ini khususnya Cenrapole bisa memanfaatkannya sebagai lahan menambah-nambah penghasilan,” terangnya.

Di sisi lain, salah seorang peserta pelatihan, Saribanong, mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut pun dapat membantu untuk memberi variasi masakan di rumah.

“Tadi kan diajari resep nugget ikan sama otak-otak. Jadi bagus buat bujuk anak-anak makan ikan, karena kebanyakan anak-anak kan susah makan ikan. Saya sangat lega bisa diajarkan resep ini,” tutupnya.


*Reporter : Arwinda Al Muntaz