Foto Mahasiswa Fisika UNM dan peserta sosialisasi di Polman, (Foto: Istiqamah)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sosialisasi stop perkawinan anak. Sosialisasi tersebut berlangsung di Balai Serbaguna Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Kamis (25/7).

Adapun tema yang diusung yaitu “Membentuk Karakter Anak Sebagai Penerus Bangsa dalam Menghadapi Era Industri 4.0”. Sebanyak 19 Orang tua mengikuti sosialisasi tersebut.

Ketua Panitia, Muhammad Fitra Syarif, mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan agar orang tua dapat memahami bahaya pernikahan anak pada usia yang belum mampu. Hal ini juga sebagai salah satu agenda untuk merayakan Hari Forum Anak pada selasa (23/7) kemarin, yang sebelumnya sempat dimeriahkan dengan lomba tradisional oleh anak-anak Dusun Kanang.

“Kami adakan kegiatan ini untuk memberikan bimbingan penyuluhan bagi orang tua dalam mendidik anaknya, utamanya di era industri 4.0 ini,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa narasumber yang dihadirkan telah handal dalam bidangnya. Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Polman dengan pembahasan tentang hak dasar anak Indonesia, fungsi keluarga untuk tumbuh kembang anak, dan peran anak sebagai penerus bangsa.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika ini berharap, kegiatan ini dapat memberikan pencerahan kepada orang tua agar kedepannya bisa mendidik anak dan memperhatikan pertumbuhan anak-anak dengan cara yang benar.

“Melalui kegiatan ini, semoga orang tua di Desa Batetangnga ini mampu mengambil pelajaran yang dijadikan acuan dalam mendidik anak kedepannya,”(*)

*Reporter : Nurul Istiqamah