Calon mahasiswa baru saat mengikuti tes jalur mandiri di Auditorium Ammanagappa, Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 19 calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti tes keterampilan, Rabu (24/7). Mereka akan dites hafalannya.

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan terdapat 19 camaba Hafidz Qur’an yang akan dites kemampuan menghafalnya hari ini. Mereka yang dinyatakan lolos tes hafalan akan langsung diterima dengan jurusan yang mereka inginkan.

“Ada 19 orang, yang akan di tes apakah betul dia penghafal atau tidak,” katanya.

Guru Besar Teknologi Pertanian ini melanjutkan, hafidz yang diterima adalah mereka yang telah menghafal Al-Qur’an 15 juz. Mereka hanya bebas masuk, tidak digratiskan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Bukan berarti mereka dapat beasiswa,” lanjutnya.

Husain Syam, mengungkapkan rasa bangga dengan para hafidz. Menurutnya dizaman sekarang mencari orang-orang yang menghafal itu sulit karena banyaknya godaan.

“Jika hari ini, yang zaman now, zaman IT, yang banyak pengaruhnya, dia masih bisa menyempatkan diri menghafal Al-Qur’an kita beransumsi bahwa dia orang pintar, dan dia bisa masuk ke jurusan mana saja,” ungkapnya.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia