Rektor UNM, Husain syam saat memantau peserta ujian jalur mandiri UNM di gedung Pusat Bahasa Arab, Selasa (23/07)- (Foto: Wahyuddin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) pada seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMBM) 2019 Universitas Negeri Makassar telah berlangsung pagi tadi, Selasa (23/7). Pendaftar UNM pada jalur terakhir ini mencapai 6046 orang.

Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dari 6046 pendaftar, kata Rektor UNM, Husain Syam, UNM hanya menyiapkan kuota 1800 untuk jalur mandiri. Namun, angka tersebut bukan angka mutlak, karena masih akan dijumlahkan dengan kekosongan kursi pada jalur seleksi sebelumnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Kuota yang akan diterima itu 30 persen dari target, yakni 1800. Tapi ketika ada yang tidak daftar ulang di jalur sebelumnya maka itu akan jadi penjumlah persen yang ada di jalur mandiri,” jelas Husain dalam konferensi pers setelah melakukan pemantauan tes jalur mandiri.

Adapun program studi (prodi) dengan pendaftar terbanyak pada jalur mandiri ini, yakni Prodi Manajemen pada kelompok tes Sosial dan Humaniora (Soshum). Sementara itu, pada kelompok tes Sains dan Teknologi (Saintek), pendaftar terbanyak yakni pada Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK).

Berlangsung selama dua hari, hasil seleksi PMBM 2019 ini akan diumumkan pada 29 Juli mendatang. (*)


*Reporter: Andi Dela Irmawati