Peserta Tes Keterampilan dan Potensi Akademik (TKPA) Selasa (23/7) - (Foto: Winda - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 5812 calon mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) pada Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMBM) 2019 pagi tadi, Selasa (23/7). Tes tersebut berlangsung di Sektor Gunung Sari, Program Pascasarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknik (FT).

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan, ada 6046 yang mendaftar di jalur mandiri ini, namun yang memiliki kartu tes hanya 6004 orang. Dari 6004 yang memiliki kartu tes, hanya 5812 orang yang mengikuti ujian TKPA.

“Ada beberapa tidak ikut, dan besok itu ada 173 orang masuk lewat jalur juara dan hafidz. Mereka tidak mengikuti TKPA hari ini,” katanya saat konferensi pers di Rumah Makan Ujung Pandang usai memantau ujian di kampus.

Dalam pantauannya, pelaksanaan tes tersebut berjalan lancar dan sesuai rencana. Hingga tes berakhir tidak ada laporan terkait kesalahan atau pelanggaran dalam pelaksanaannya.

“Alhamdulillah sampai tes berakhir tidak ada laporan terkait kesalahan ataupun pelanggaran,” kata Husain Syam.

Setelah pelaksanaan tes tertulis ini, besok akan dilanjutkan dengan tes keterampilan dan tes wawancara. Tes lanjutan tersebut akan dilaksanakan di fakultas masing-masing besok, Rabu (24/7). (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati