Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNM bersama guru-guru di SMA/SMKN Kabupaten Enrekang. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM dengan judul PKM Budidaya Jamur di SMA/SMKN di Kabupaten Enrekang pada 19 hingga 21 Juli. Ketua pelaksana program ini adalah Oslan Jumadi dan anggota pelaksana Yusminah Hala dan Andi Faridah Arsal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini diwakili oleh Darmiati Siampa, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan PKM bagi guru-guru SMA/SMKN di Kabupaten Enrekang. Kepala Sekolah SMAN 2 Enrekang Bapak Sukayono menjelaskan bahwa peserta yg ikut dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru SMA/SMKN “Pelaksanaannya di SMAN 2 Enrekang,” katanya.

Respon peserta yg mengikuti pelatihan sangat baik dan dapat menunjang proses pembelajaran yang baik sekaligus dapat melakukan praktek terutama pada SMKN. Guru-guru mendapat pengalaman praktis dalam mengisolasi jamur tiram (F0), tahap inokulasi baik pada fase turunan pertama (F1) dan kedua (F2) yang merupakan bibit tumbuh pada baglog (media tumbuh jamur).

“Semoga outcome dari pelatihan ini adalah guru-guru dapat mempraktekkan cara budidaya jamur pada siswa sehingga dapat menjadi suatu alternative usaha budidaya jamur di Kabupaten Enrekang,” harap Oslan Jumadi selaku ketua pelaksana. (*)

*Fikri Rahmat Utama