(Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (Himabio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan eksplorasi jamur di Gunung Bulusaraung, Kabupaten pangkajene, Kamis (11/7). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kerja baru Himabio FMIPA UNM.

Ketua divisi, Rahmawati menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam bidang penelitian dengan mengindetifikasi tumbuhan berupa jamur. Menurutnya jamur merupakan salah satu tumbuhan dengan jenis terbanyak sehingga menarik untuk diteliti.

“Karna jamur itu berhubunguhan dengan biologi dan merupakan hal yang menarik untuk diteliti karena jenisnya yg beranekaragam. Kalau tempatnya, sebenarnya awalnya kami ingin di Lembanna, tapi hasil cek lokasi ternyata disana masuk musim kemarau, sehingga kami memilih Gunung Bulusaraung yang lembab,” jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini menuturkan, penelitian ini dilakukan dengan mengambil data dan dokumentasi setelah mengamati ciri-ciri jamur yang ada di kawasan tersebut. Setelah itu penelitian dilanjutkan dikampus dengan mengolah data yang diperoleh.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa program kerja baru Himabio FMIPA UNM ini disebut Penalogi. Harapannya, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang baik.

“Karena ini kegiatan baru ada lagi di himpunan, kami berharap semoga berjalan dengan lancar, dan kami kebanyakan adalah orang-orang baru yang pergi mendaki dan meneliti, semoga hasil yang diperoleh tidak sia-sia,” harapnya.

*Reporter : Nurul istiqamah