Husain Syam (Foto: Muh Ilham Akbar - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam, mengungkapkan selama kepemimpinannya belum melanjutkan pembangunan gedung mangkrak di UNM. Itu karena dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan untuk pembangunan gedung tersebut belum ada.

“Pembangunan fisik gedung mangkrak yang diwariskan rektor sebelum saya itu harus dilanjutkan dengan sumber dana APBN yang lima tahun terakhir tidak dialokasikan negara untuk UNM,” tegasnya, Senin (8/7).

Sementara itu, renovasi pagar yang dilakukannya bersumber dari dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Husain Syam pun menyatakan pembangunan pagar tersebut bukanlah sebuah prestasi, melainkan sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan. Hal ini disampaikan Husain Syam untuk mengklarifikasi berita Tabloid Profesi edisi 233 yang berjudul “Tiga Tahun Periode Husain Syam Hanya Buat Pagar”.

Lebih lanjut, guru besar pertanian ini mengatakan, dana PNBP yang dimiliki UNM tidak akan sanggup digunakan untuk menyelesaikan gedung mangkrak. Menurutnya, untuk melanjutkan pembangunan tidak cukup hanya menggunakan dana tersebut yang nilainya bahkan tidak sampai 5 Miliar. Sehingga selama ini dari segi infrastruktur baru sebatas perbaikan pagar.

“UNM belum sanggup mengalokasikan dana yang besar dari PNBP untuk fisik bangunan mangkrak. Adapun kita perbaiki pagar yang sudah 40 tahun lebih itu sumber dananya dari PNBP yang nilainya tidak cukup 5 Miliar,” pungkasnya. (*)

*Reporter: Wahyudin