Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam memberikan sambutan dalam pembekalan KKN-PPM dan ENJ, Senin (8/7) (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam resmi melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dan Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ). Pelepasan peserta KKN ini ditandai dengan pembekalan yang berlangsung di Ballroom Menara Pinisi, Senin (8/7).

Dalam sambutannya Husain mengatakan, agar nantinya mahasiswa KKN dapat mengimplementasikan ilmunya di tengah masyarakat. Hal ini juga menjadi kesempatan mahasiswa UNM untuk mendekatkan diri dan mengaplikasikan ilmunya dengan masyarakat.

“KKN saat ini makin diperbanyak, hal ini merupakan pendekatan UNM terhadap masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM UNM), Bakhrani Rauf menjelaskan tujuan ENJ yaitu untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, melatih kepedulian sosial.

“Di mana para mahasiswa diharapkan dapat mengaktualisasikan ilmunya serta menjaga nama baik almamater tercinta UNM kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Senada dengan itu, Koordinator Tim ENJ 2019, Noval Kurniawan menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dengan 40 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, salah satunya UNM. Kerjasama ini telah berlangsung sejak tahun 2017.

“Anggota tim ENJ tahun ini beranggotakan 25 delegasi yang merupakan perwakilan dari setiap fakultas di UNM. Berlokasi di Desa Bontolebbang, Kec. Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar dan akan berlangsung selama sebulan dari 9 Juli hingga 9 Agustus 2019,” tuturnya. (*)

*Reporter: Rara Astuti