Kepala UPT Layanan Konseling UNM, Abdullah Sinring- (Foto: Dela - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) membuka ruang bagi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang ingin melakukan konsultasi kepada konselor. Konsultasi tersebut dapat meliputi empat bidang yakni bidang pribadi, sosial, akademik dan perencanaan masa depan.

Kepala UPT Layanan BK, Abdullah Sinring terdapat banyak masalah mahasiswa yang sebetulnya masih bisa dibicarakan dan ditangani dengan baik namun mereka terkadang salah mengambil keputusan. Layanan konseling ini hadir untuk membantu mahasiswa dalam mengambil keputusan yang baik dan mengatasi masalahnya secara mandiri.

“Banyak hal yang masih bisaji dibicarakan, jangan sampai DO orang, kasihan itu. Itulah gunanya konseling, mencegah DO, ini masuk di fungsi preventif,” kata mantan dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini saat ditemui di ruangannya, Jumat (5/7).

Selain fungsi preventif, layanan konseling juga memiliki fungsi pemeliharaan, fungsi pengembangan dan fungsi kuratif. Sehingga layanan tersebut tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa bermasalah tetapi juga mereka yang ingin mengembangkan potensi dirinya.

“Fungsi pemeliharaan atau mempertahankan artinya prestasi yang sudah baik, bagaimana dipertahankan kemudian dikembangkan. Bagi mahasiswa yang bermasalah, ada namanya fungsi kuratif, disinilah kita memberikan terapi atau konseling,” jelas Abdullah Sinring.

Bagi mahasiswa yang ingin melakukan konsultasi bisa datang langsung ke ruang UPT Layanan BK di lantai 12 Menara Pinisi UNM pada hari kerja. Atau juga dapat menghubungi Kepala UPT Layanan BK, Abdullah Sinring melalui kontak 081342220444. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati