Tiga Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Nur Yamin, Herlina Sakawati dan Sulmiah memberi pelatihan simulasi kepada pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), 2-3 Juli 2019 di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. (Foto: Ist)

PROFESI.UNM-COM – Tiga Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Nur Yamin, Herlina Sakawati dan Sulmiah berikan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ke pengurus BUMDES di 11 desa di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Melalui program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), mengangkat tema ‘Menggerakkan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa Secara Berkelanjutan’.

Ketua Pengusul, Muhammad Nur Yamin mengatakan tujuan dasar dari kegiatan ini adalah sosialisasi tentang BUMDES. “Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu melakukan sosialisasi tentang BUMDES kepada para pengurus,” ucapnya Jumat (5/6).

Ia pun menambahkan, sasaran dalam pelatihan ini yaitu Kepala Desa, pengurus BUMDES dan pengusaha yang ada di Desa. Kegiatan ini meliputi pemberian materi dan pelatihan simulasi secara langsung.

Dosen Ilmu Administrasi Negara ini juga berharap agar terjalin pembaruan untuk setiap program studi di UNM “Saya harap UNM bisa melakukan kegiatan pengabdian ke depannya secara intergrasi dengan program studi kampus tergantung kebutuhan sasarannya,” harapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 2-3 Juli 2019 di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan oleh tim pengusul pengabdian dan didampingi oleh 1 Dosen LB dan 12 mahasiswa dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara UNM dan dihadiri oleh 40 orang yang terdiri dari Sekcam, Kepala Desa, Sekdes anggota BUMDES dan pengusaha (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan