Proses belajar anak putus sekolah di Kota ParePare. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM– Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membangun rumah masa depan untuk anak putus sekolah. Berlangsung di Gazebo RBCD, Jln. Jenderal Sudirman, Minggu (22/06).

Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) merupakan hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen FPsi UNM. PKM ini mengangkat judul ‘PKM Rumah Masa Depan Program Literasi Bagi Anak Putus Sekolah Di Kota ParePare’.

Ketua PKM sekaligus Direktur RBCD Asniar Khumas mengakan, rumah tersebut digunakan untuk membina anak putus sekolah di Kota ParePare. Tak hanya menyediakan tempat, pola belajarnyapun sudah di siapkan.

“Nanti kita akan menerapkan pola belajar yang bukan hanya fokus dirumah belajar saja, tapi tidak menutup kemungkinan kita akan belajar diluar juga tempat rekreasi,” katanya.

Pada pembukaan acara ini dihadiri oleh Duta anak Parepare Khodijah berharap, anak putus sekolah bisa membuktikan bahwa putus sekolah bukan berarti putus harapan untuk menggapai mimpinya.

“Saya mengharapkan mereka belajar lebih giat lagi untuk meraih mimpi dan hak anak yang seharusnya,” harapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 anak putus sekolah di Parepare yaitu daerah Pelabuhan Nusantara dan Pasar Lakessi yang telah di kumpulkan oleh personil dari RBCD. Ia juga telah menyiapkan empat volunteer yang telah di seleksi dan dibina sesuai aturan Unicef, dilakukan 21 Juni.

Program ini dijadwalkan selama tiga bulan kedepan dengan jadwal setiap Sabtu dan Minggu, dalam program itu telah menggagas capaian yakni peserta akan belajar dengan metode belajar menyenangkan. (*)


*Reporter: Ratu Fathonah Amalia