Foto bersama Ketua LP2M UNM Bakhrani Rauf, Amirullah Abduh, Alimuddin, dan Guru SMK. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Dua Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), Amirullah Abduh dan Alimuddin memberi pelatihan pembelajaran E-Learning bagi guru SMK di Kabupaten Barru melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan ini merupakan periode pertama program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM yang dilaksanakan di SMKN 2, Kecamatan Tanate Rilau, Kabupaten Barru, Sabtu (22/6).

Pengabdian tersebut diketuai oleh Amirullah Abduh, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNM, dan anggota Alimuddin, Dosen Pendidikan Seni Rupa FSD UNM. Kegiatan PKM itu diawali dengan penandatanganan Memorandum of Action (MoA) dengan desa binaan dan sekolah binaan LP2M UNM.

Ketua LP2M UNM, Bakhrani A Rauf menuturkan bahwa semua dosen wajib melaksanakan PKM. Dengan adanya kegiatan seperti ini, ilmu yang telah didapatkan selama ini juga bisa diimplementasikan ke masyarakat.

“Kegiatan PKM seperti ini menjadi salah kewajiban setiap dosen karena ini bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi,” katanya.

“Dengan adanya sekolah binaan dan desa binaan ini akan memudahkan sinergi antara kebutuhan masyarakat dan kegiatan pengabdian di LP2M UNM,” lanjut Guru Besar bidang Pendidikan Arsitektur Lingkungan termasuk Jamban Keluarga itu.

Sementara itu, Ketua PKM ini, Amirullah Abduh menuturkan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk memberikan dan berbagi pengetahuan baru kepada para guru SMK di Barru.

“Ini merupakan bentuk kontribusi nyata dosen terhadap masyarakat,” kata Amirullah Abduh yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Publikasi dan HKI LP2M UNM.

Demikian juga, Kepala SMKN 2 Kabupaten Barru, Muhammad Idris mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu hal yang penting dan sangat positif untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dengan para guru khususnya guru SMK. Sama halnya para peserta yang hadir mengungkapkan penghargaan dan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan PKM ini.

“Semoga kegiatan serupa berlangsung secara kerkelanjutan,” harapnya. (*)

*Reporter: Mutiara