Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Perkembangan UPT. Perpustakaan Universias Negeri Makassar (UNM) telah sejalan dengan perkembangan kebutuhan informasi bahan pustaka yang cenderung berbasis Information and communications technology (ICT). Sejak tahun 2015 UPT. Perpustakaan UNM telah memiliki dan menyediakan pelayanan akses bebas untuk jurnal dan buku teks internasional secara online atau elektronik. Layanan ini dapat diakses lewat laman http://perpustakaan.unm.ac.id/e-journal/.

Perpustakaan UNM dengan Slogan “Serving for Better education” memiliki Visi “ Menjadi pusat informasi, edukasi, riset dan publikasi yang modern dengan pelayanan terbaik dan professional”.

Selain itu, Perpustakaan UNM juga memiliki fasilitas ruang khusus untuk kajian budaya dan studi spesifik seperti:

1.Warung Prancis,

Kerjasama dengan Institut Prancis di Indonesia (IFI), menyediakan buku-buku, CD, DVD, serta majalah Prancis dan juga informasi beasiswa di Prancis. Warung Prancis menyiapkan agenda pemutaran film yang bersumber dari Institut Prancis di Indonesia (IFI). Selain itu ada beberapa buku yang telah didiskusikan seperti Little Prince (Antonie), Orang Asing (Albert Camus), Orang Lugu (Voltaire) yang merupakan penulis-penulis yang berasal dari Prancis.

2.India Corner,

Kerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia juga menyediakan buku-buku, CD, DVD. Diskusi budaya dan Film India.

3.BI (Bank Indonesia) Corner,

Kerjasama dengan Bank Indonesia memfasilitasi buku-buku ekonomi baik Makro dan Mikro, serta perkembangan dan fungsi BI.

Saat ini Perpustaakan UNM juga telah dilengkapi dengan ruang-ruang yang cukup ideal dalam menelusuri bahan pustaka buku/jurnal/majalah/karya ilmiah, dengan penambahan 15 unit komputer baru memungkinkan mahasiswa mengakses informasi yang mereka butuhkan lewat fasilitas jaringan wifi yang tersedia dari lantai 1 hingga lantai 3.

Adapun Laman portal Perpustakaan UNM yang bisa kamu akses yaitu: http://perpustakaan.unm.ac.id/ telah menyediakan fasilitas layanan e-jurnal, Digital Library http://digilib.unm.ac.id/, online jurnal sistem UNM http://ojs.unm.ac.id/, OPAC http://opac.unm.ac.id/. dan eprint (Repository) http://eprints.unm.ac.id/.

Sumber: http://perpustakaan.unm.ac.id

*Reporter: Andi Tenri Abeng