Proses pembuatan Miniatur perahu phinisi. (Foto-ist)

PROFESI-UNM.COM– Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui “Assikola Lopi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Tanah Lemo, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Assikola Lopi merupakan pelatihan pembuatan souvenir miniatur pinisi berupa perahu pinisi dalam botol dan gantungan kunci yang berbentuk perahu pinisi.

Alfira selaku ketua tim, mengatakan pengabdian tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pembuatan souvenir miniatur Pinisi kepada masyarakat khususnya remaja putus sekolah yang ada di kelurahan Tanah Lemo. Selain itu, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di bidang pembuatan miniatur Pinisi, mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kelurahan Tanah Lemo.

“selain itu, anak yang putus sekolah juga dapat mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat dan dapat meningkatkan keterampilan yang mereka miliki,” katanya.

Mahasiswa angkatan 2016 ini berharap program dari pelatihan Assikola Lopi yang diberikan oleh tim dapat meningkatkan semangat dan keterampilan remaja putus sekolah dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

“harapan kami, program pelatihan Assikola Lopi yang di berikan kepada remaja putus sekolah dapat meningkatkan keterampilan dalam pembuatan miniatur pinisi,”harapnya.

Adapun dalam kegiatan ini melibatkan Alfira sandika selaku ketua tim, Andi paraga batara putra, Fadly nasiruddin, serta Huzein mubaraq sebagai anggota tim. (*)


*Reporter: Arwinda Al Muntaz