Foto bersama 7 orang mahasiswa Ilmu Administrasi Negara di depan gedung BPSDM Sulsel. - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Mengikuti program magang atau Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan ini berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, mulai dari 17 Juni lalu hingga 36 hari kerja kedepan.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini, Muh Junaidi mengatakan, program ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di prodi ilmu Administrasi Negara. Tujuan diadakannya program ini, agar mahasiswa kedepannya akan menjadi administrator muda, sudah tidak kaku lagi jika telah masuk ke dunia kerja, sembari dia bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang ia dapatkan di bangku perkuliahan langsung ke masyarakat.

“Kami magang disini, sangat bersyukur karena bisa langsung belajar di lapangan, banyak pelajaran yang diambil, salah satunya yaitu kami bisa membandingkan bagaimana jalannya sebuah kebijakan apakah sesuai dengan teori yang telah kami pelajari atau ada inovasi baru.

Mahasiswa angkatan 2016 ini berharap semua hal yang dipelajari selama program ini dapat berguna dan menjadi bekal dalam mempersiapkan dunia kerja kedepannya. Ia juga bercerita sangat bersyukur mendapat kesempatan belajar di lapangan sambil melihat kebijakan yang dijalankan di kantor tersebut, baginya, kegiatan ini sebagai bentuk adaptasi terhadap dunia kerja.

Harapan kami, semoga apa yang kami pelajari di kantor BPSDM ini bisa benar-benar berguna untuk kami. Selain itu, semoga program kerja magang tetap ada ditahun-tahun kedepannya karena program ini sangat berguna bagi mahasiswa. (*)

*Reporter: Muh Sauki Maulana