Peserta Jalur Mandiri UNM mengikuti Ujian Tertulis di salah satu kelas di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Selasa (26/7) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Setelah melalui rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020 yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan di bukanya jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 10 Juni kemarin.

Universitas Negeri Makassar (UNM) rencananya akan membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri (PMBM) pada tanggal 1 Juli sampai 19 Juli mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM, Muharram saat ditemui di lantai 6 Menara Pinisi, mengatakan pendaftaran jalur mandiri tahun 2019 akan di buka pada awal Juli.

“Pendaftaran jalur mandiri akan kita buka rencananya pada 1 Juli mendatang dan nanti untuk jadwal lengkapnya akan ditaruh di website resmi UNM,” katanya.

Jalur ini merupakan jalur terakhir untuk masuk di perguruan tinggi negeri (PTN). Berbeda dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, nominal uang kuliah tunggal (UKT) yang dinyatakan lulus jalur mandiri tidak ditentukan melalui wawancara atau verifikasi administrasi.

Penetapan UKT mahasiswa Jalur Mandiri ditetapkan pada Program Studi (Prodi) masing-masing. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama