(Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) terus menggencarkan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM kali ini dilaksanakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM).

PKM yang mengangkat tema “Pengolahan Ikan Bandeng dengan Menggunakan Alat Mesin Pemisah Tulang” ini dilaksanakan di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Minggu (16/6).

Dosen PTP UNM, Jamaluddin menuturkan kegiatan tersebut merupakan solusi dari permasalahan ibu-ibu petani tambak yang kesulitan dalam mengolah ikan bandeng yang juga sebagai hasil tambak yang banyak dihasilkan di daerah tersebut.”Teknologi dan inovasi baru yang akan dilaksanakan ini untuk menjawab permasalahan kesulitan dalam pengolahan ikan bandeng yang memiliki banyak duri dan sulit dikeluarkan. Apalagi, ikan bandeng merupakan salah satu hasil tambak yang banyak dihasilkan di Kabupaten Maros,” tuturnya.

Jamaluddin menjelaskan, ikan bandeng yang telah dipisah tulangnya dengan menggunakan teknologi mesin pemisah tulang kemudian diolah menjadi nugget bernilai ekonomis.

“Produk perikanan yang dihasilkan yaitu nugget ikan untuk meningkatkan nilai jual ikan bandeng dengan teknologi mesin ini kiranya dapat membuka kesempatan kerja,” jelasnya.

Wakil Dekan II FT ini pun berujar, kegiatan yang diikuti sebanyak 20 ibu-ibu tersebut disambut antusias bahkan mulai berani membentuk kelompok pengolahan.

“Awalnya para ibu-ibu ini khawatir untuk mengolah ikan bandeng menjadi produk baru. Namun dengan adanya teknologi ini, keresahannya terjawab dan memberikan pengalaman baru bagi mitra yang nanti akan terbentuk yakni Kelompok Sikamaseang,” tutupnya.

Adapun dalam kegiatan ini juga turut melibatkam mahasiswa Pendidikan Teknologi Pertanian FT UNM. (*)

*Reporter: Rara Astuti