Resa Pamilianto, Risman, dan Ainun Mutmainnah. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik (FT) wakili Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Tingkat Nasional. Tim Robot Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) UNM siap berlaga pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat Nasional 20-23 Juni mendatang, mereka adalah Resa Pamilianto, Risman, dan Ainun Mutmainnah.

Kontes yang diikuti ini merupakan kontes robot tahunan yang diselenggarakan oleh kemenristekdikti. Pada tahun ini terdapat 6 divisi robot yang dipertandingkan, termasuk divisi(KRTMI) yang merupakan divisi yang diikuti oleh tim ini.

KRTMI itu sendiri merupakan kontes robot yang memperlombakan robot pertanian yang masing-masing nantinya akan di bawah oleh 24 Universitas se-Indonesia yang lolos ke tingkat nasional. Robot ini nantinya akan bertugas untuk menanam padi, mencabut rumput dan memanen padi pada arena yang telah desediakan.

Salah satu anggota tim, Risman mengatakan sangat bersyukur mendapatkan kesempatan bergengsi tersebut. Menurutnya, ajang ini akan menjadi wadah untuk mempertunjukkan kemampuan kita dalam hal pengembangan robotika, apalagi mewakili kampus.

”Kontes robot ini adalah kontes robot paling bergengsi di Indonesia. , olehnya itu kami juga sudah berlatih keras dan akan membawa robot buatan kami yang terbaik untuk dipertandingkan di ajang kontes robot ini,” tuturnya.

Sementara itu, Pembimbing Tim, Sabran, berharap semoga kali ini dengan kerja keras dan kerja sama tim, mereka dapat meraih hasil terbaik nantinya di KRI 2019. “Mereka sangat semangat mengerjakan robot dan berlatih keras selama ini, semoga kali ini mereka mendapatkan hasil yang maksimal,” harapnya.

Adapun tim ini sudah melakukan persiapan sejak bulan Januari mulai dari persiapan seleksi sampai pembuatan robot, hingga bertanding di Universitas Dian Nuswantoro Semarang mendatang. (*)

*Reporter: Rara Astuti