Putri, Muhammad Irfandi dan Abdullah (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – 3 Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), menciptakan inovasi teknologi baru yaitu alat penghapus papan tulis Sensor Suara dengan nama Smart Assistant. Mereka adalah Putri, Muhammad Irfandi dan Abdullah.

Alat tersebut di ciptakan sebagai upaya mempermudah penghapusan papan tulis dan juga sebagai rangkaian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi.

Ketua tim, Putri menuturkan bahwa hal yang mendasari mereka menciptakan alat ini untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia seiring dengan perkembangan zaman. Sementara proses belajar mengajarnya masih menggunakan cara konvensional, sehingga menghapus papan tulis membutuhkan waktu lebih dan menguras tenaga.

“Papan tulis merupakan salah satu sarana yang masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran di Indonesia. Hal ini karena sebagian besar metode pendidikan belum sepenuhnya tersentuh teknologi digital terkhusus daerah terpencil,” tuturnya, (12/6).

Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika ini pun menjelaskan, alat ini diciptakan dengan komponen utama sensor suara yaitu voice recognation yang diprogram pada arduino, dan dengan Motor Stepper Sebagai penggerak alat tersebut.

“Prinsip kerja alat ini adalah kita memerintahkan kepada papan tulis untuk hapus, maka alat secara otomatis akan menghapus tulisan pada papan tulis ini dikarenakan adanya sistem sensor suara yang kita gunakan yaitu Voice Recognation,” jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2018 berharap, alat ini dapat diproduksi secara massal kepada lembaga pendidikan yang menggunakan papan tulis sebagai media pembelajarannya agar lebih memudahkan mereka dalam menghapus tulisan- tulisan yang ada pada papan tulis. (*)

*Reporter :Nurul Istiqamah