PROFESI-UNM.COM– Pendaftaran seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dibuka, Senin (10/06). Pendaftaran tersebut dijadwalkan hingga 24 juni mendatang.

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh setia Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) da Kementerian Agama secara bersama dibawah Koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

Adapun persyaratan pendaftarannya, yakni siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat atau paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah. Sedangkan untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat atau pakrt C minimal tahun 2019 harus mrmiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi dengan cap/stempel yang sah. Selain itu, peserta juga harus memiliki nilai UTBK.

Peserta seleksi juga harus memiliki kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.


*Reporter: Arwinda Al Muntaz