(Foto-Int)

PROFESI-UNM.COM– Setelah menjalani Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan dengan dua gelombang pada bulan April dan Mei lalu, selanjutnya para peserta mendaftarkan dirinya untuk bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
Pendaftaran tersebut dilakukan pada 10 hingga 24 juni 2019 dan nanti hasilnya akan diumumkan pada 9 juli 2019.

Para peserta SBMPTN pastinya akan memilih jurusan sesuai dengan keinginan mereka di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dijadikan sebagai PTN favorit masing-masing. Namun, dengan keterbatasan daya tampung dan ketatnya persaingan masuk PTN membuat para pejuang SBMPTN harus mengatur strategi dan memikirkan berbagai cara agar dapat lolos di jalur tersebut.

Terkait hal tersebut, berikut beberapa kiat yang dilakukan agar bisa diterima di jurusan impian, yakni:

  1. Tentukan prioritas
    Sudah umum diketahui bahwa jurusan yang menjadi pilihan pertama dalam pendaftaran baik jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun mandiri akan menjadi prioritas penentu saat pengumuman. Adapun pilihan kedua menjadi alternatif namun tetap harus dipilih sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  2. Yakin dengan pilihan
    Sebaiknya, dalam memilih sebuah jurusan sesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuan diri yang dimiliki. Mintalah masukan dari orang-orang terdekat atau bila perlu berkonsultasilah dengan tenaga profesional yang bisa dipercaya. Peserta harus yakin dengan pilihannya masing-masing, karena jurusan yang menjadi prioritas akan dijalani selama delapan semester. Keputusan menentukan pilihan tetap berada ditangan masing-masing.
  3. Jangan asal pilih
    Salah satu cara yang biasa dilakukan peserta agar bisa lolos SBMPTN yaitu memilih jurusan yang peminatnya sedikit sehingga persaingan tidak begitu ketat. Hal tersebut bisa saja diterapkan. Tetapi, jangan asal memilih jurusan. Pastikan pilihan tersebut tetap sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  4. Skor tinggi
    Pastikan calon mahasiswa memiliki bekal berupa skor yang cukup untuk dapat lolos di jalur SBMPTN. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jumlah skor minimal yang dibutuhkan.

*Reporter: Arwinda Al Muntaz