(Foto-Ilustrasi)

PROFESI-UNM.COM- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) 2019 telah dibuka hari ini, Senin (10/06) pada pukul 13.00 WIB. Dilansir dari laman resmi http://www.sbmptn.ac.id, pendaftaran tersebut dijadwalkan hingga 24 juni mendatang dan dimulai serentak dari seluruh indonesia.

Namun sebelum melakukan pendaftaran, delapan infomari berikut perlu dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  1. Diharapkan kepada para calon pendaftar agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019.
  2. Sebagaimana telah diatur Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 bahwa kuota setiap Program Studi yang disedikan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari Daya Tampung Program Studi di PTN.
  3. Sebagai pertimbangan, Program Studi daya tampung setiap PTN dan jumlah peminat Program Studi tahun 2019 dapat dilihat pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.
  4. Bagi peserta pelamar Bidikmisi, terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang terdapat dilaman resmi Bidikmisi.
  5. Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non Bidikmisi yang dinyatakan lulus pada SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan untuk mendaftar SBMPTN 2019.
  6. Apabila terdapat kendala atau beberapa hal yang perlu dipertanyakan terkait SBMPTN 2019, dapat menghubungi HelpDesk dengan laman http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id atau langsung menghubungi call center 0804 1 450 450. Informasi resmi juga dapat diperoleh di Kantor Humas PTN terdekat.
  7. Kepada masyarakat dan khususnya calon pendaftar SBMPTN 2019, diberitahukan bahwa LTMPT tidak menjalin kerjasama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN.
  8. Semua informasi adalah resmi dan apabila terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019, akan selalu diinformasi melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id. (*)

*Reporter: Arwinda Al Muntaz