(Foto- Ilustrasi Liburan)

PROFESI-UNM.COM- Liburan atau long holiday merupakan suatu masa dimana orang-orang khususnya para perantau dapat meluangkan waktunya bersama keluarga. Pada umumnya, liburan terjadi pada pertengahan atau akhir tahun dan pada hari raya. Hari libur tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah.

Liburan akan menjadi menyenangkan ketika dilakukan secara hemat tanpa harus menghabiskan banyak uang dan membuat kamu semakin dekat dengan keluarga. berikut tujuh tips liburan yang hemat dan menyenangkan, sebagai berikut:

1. Lakukan survei lokasi liburan.
Sebelum berlibur, tentukan kemana kamu akan pergi. hal tersebut untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Selain itu, dengan melakukan survei kamu bisa menghitung kisaran uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju dan juga bisa kamu ketahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Lakukan pemesanan dari jauh hari.
Setelah melakukan survei lokasi liburan, lakukan pemesanan tiket transportasi, tempat penginapan, atau tiket tempat wisata ke lokasi liburan dari jauh hari sebelum mendekati waktu liburan. Hal tersebut juga sangat penting. Karena melakukan pemesanan jauh dari hari H biasanya akan mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah dan penawaran menarik lainnya selama liburan.

3. Usahakan pergi bukan di musim liburan.
Dikebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu, kamu akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, kamu dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi. Jadi kamu bisa lebih menikmati waktu liburan kamu.

4. Utamakan kenyamanan daripada kemewahan
Lupakan tentang liburan yang mewah jika kamu mau berhemat. Namun, jangan sampai jika kamu berhemat liburanmu menjadi tidak nyaman. Utamakanlah kenyamananmu baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, ataupun pemandu liburan.

5. Membawa uang tunai
Membawa uang tunai saat liburan merupakan hal yang wajar. Karena dengan membawanya, kamu bisa mengatur pengeluaran selama liburan. Tidak usah berfoya-foya, gunakan uang secukupnya saat liburan.

6. Catat pengeluaran selama liburan
Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Hal tersebut akan sangat membantu untuk mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir selama liburan. Dengan hal tersebut, kita bisa menekan kemungkinan kita untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Berbelanja
Agenda tersebut juga sangat penting ketika liburan, karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar saat liburan. Saat pergi ke tempat berlibur, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya kamu dapat mengenang momen-momen liburanmu. Tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama jika kamu tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya. (*)


*Reporter: Arwinda Al Muntaz