(Foto- Ilustrasi mudik)

PROFESI-UNM.COM– Mudik merupakan suatu momen kebersamaan yang sangat dinantikan oleh para perantau atau mahasiswa khususnya pada saat hari Raya Idul Fitri.

Ada berbagai pilihan cara untuk mudik, yaitu mudik dengan transportasi umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Untuk pemilihan transportasi umum, mudik biasanya dilakukan jauh-jauh hari guna mengantisipasi kenaikan harga tiket kendaraan umum seperti, bus, pesawat terbang dan kapal laut. Dibanding ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti, mobil dan sepeda motor bisa menekan ongkos transportasi. Namun, masing-masing memiliki nilai plus dan minus.

Berikut beberapa Tips Mudik Aman Saat menggunakan kendaraan bermotor, diantaranya:

1. Periksa kondisi kendaraan
Memeriksa kondisi kendaraan merupakan hal yang paling utama dan sangat penting dilakukan saat menjelang mudik. Karena kondisi kendaraan menjadi faktor terpenting dan berpengaruh pada keselamatan anda saat mudik.

2. Persiapkan perlengkapan berkendara
Setelah kondisi kendaraan sudah prima, lakukan persiapan yang akan digunakan saat berkendara. Seperti, STNKA baik kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat dan khusus untuk kendaraan bermotor selalu gunakan helm berstandar SNI agar melindungi pengendara jika terjadi kecelakaan.

3. Menggunakan sarung tangan
Bagi pengendara sepeda motor, sebaiknya menggunakan sarung tangan demi menghindari panasnya sinar matahari dan polusi udara.

4. Mematuhi peraturan lalu lintas
Mudik harus berhati-hati. Mematuhi peraturan lalu lintas juga merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan ketika berkendara. Karena, orang yang mengebut saat membawa kendaraan di jalan dapat berisiko negatif untuk keselamatan.

5. Istirahat ketika kelelahan
Perjalanan yang jauh dan suasana macet dapat membuat badan merasa lelah. Bagi pengemudi ketika merasa kelelahan dalam berkendara seharusnya beristirahat. Karena membawa kendaraan dalam keadaan lelah dapat berisiko negatif dan juga sangat berpengaruh pada keselamatan pengemudi saat mudik.

6. Hindari mengangkut barang melebihi kapasitas kendaraan.
Demi keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut barang yang melebihi kapasitas dari kendaraan yang digunakan. Karena, jika terjadi kelebihan beban dapat berpotensi pada keselamatan pengemudi dalam perjalanan selama mudik.


*Reporter: Arwinda Al Muntaz