Rektor UNM, Husain Syam saat memimpin Upacara (Foto: Wahyudin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam mengungkapkan rasa prihatinnya dengan kondisi kemahasiswaan di kampus pencetak pendidik ini. Menurutnya, kondisi kemahasiswaan semakin hari semakin buruk.

“Kita akui UNM dalam hal kemahasiswaan kita bobrok. Kita tidak bisa menanamkan dalam jiwa mahasiswa nilai kebangsaan,” katanya saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila di Pelataran Menara Pinisi, Sabtu (1/6).

Persoalan mahasiswa, kata Husain, masih banyak yang perlu dibenahi. Para pimpinan seharusnya membangun komunikasi yang baik dengan mahasiswa. Karena para birokrat bekerja di kampus ialah untuk kepentingan mahasiswa. Namun saat ini, menurut Husain, komunikasi antara pimpinan dan mahasiswa semakin buruk.

“Urusan mahasiswa ini belum selesai bagi UNM,” tambahnya.

Ia berharap semua dekan dan wakil dekan serta wakil rektor bagian kemahasiswaan agar membangun komunikasi yang baik dengan mahasiswa. Memberikan mereka pemahaman nilai kebangsaan kepada mahasiswa. Sehingga ketika ada peringatan seperti hari lahir pancasila, mahasiswa juga turut andil dalam barisan upacara.

“Tolong urusan mahasiswa ini dibangun komunikasi yang baik,” pintanya.

Saat upacara peringatan hari lahir pancasila, hanya lima orang yang berada di barisan mahasiswa. Kelima tersebut hanya pengurus dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). (*)

*Reporter: Wahyudin