Foto bersama usai pelatihan - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Univetsitas Negeri Makassar (UNM) ingin mengupgrade hard skill dan soft skill guru SMK melalui PKMS. Berlangsung di SMKN 8 Makassar, Minggu-Senin (26-27/5). Mengusung tema ‘PKMS Guru Tata Busana Kota Makassar Melalui Pelatihan Desain Busana Berbasis Adobe Photoshop’.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS), Hamidah Suryani mengatakan, kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang memusatkan pada guru SMK untuk mengupgrade hard skill dan soft skill di era industri 4.0. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bermitra dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Untuk mengupgrade soft skill dan hard skill guru-guru SMK di bidang busana dalam mengantisipasi dan mengikuti trend kebutuhan fashion era industri  4.0, sekaligus mengantisipasi kesiapan penyediaan tenaga terampil dalam literasi digital,” katanya.

Ia melanjutkan, hasil dari pelatihan tersebut berupa desain busana. Tak hanya itu, guru-guru yang mengikuti pelatihanpun sudah paham mendesain dengan adobe photoshop.

“Guru-guru bisa mendesain komputer dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop,” lanjutnya.

Dosen desain ini berharap, dengan kegiatan ini guru-guru mampu memahami dan menerapkan adobe photpshop. “Semoga dengan kegiatan ini guru-guru bisa menerapkan mata pelajaran desain busana berbasis adobe photoshop yang merupakan tuntutan kurikulum 2013,” harapnya. (*)


*Reporter: Ratu Fathonah Amalia