Antusias anak panti asuhan saat diajarkan aplikasi hijnafi, di panti asuhan Reski Amaliah, Minggu (19/5) - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengajarkan huruf hijaiah lewat Aplikasi Hijnafi kepada anak panti asuhan. Berlangsung di panti asuhan Reski Amaliah, Minggu (19/5).

Ketua tim, Aswin Asrianto menceritakan pertemuan perdananya di Panti Asuhan Reski Amaliah, dengan melakukan test pengetahuan awal kepada setiap anak asuh tentang bagaimana cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar. “Tentunya dengan langkah awal yang akan diajarkan kepada anak panti asuhan yakni mengenal dan mengetahui cara menyebutkan huruf hijaiah dengan baik dan benar,” bebernya.

Setelah pertemuan pertamanya, Ristekdikti mengangkat Kegiatan untuk mengajarkan huruf hijaiah di panti Asuhan kembali melakukan pertemuan pekanan. Di pekan ini tim hijnafi mulai mengenalkan aplikasi hijnafi kepada anak panti asuhan Reski Amaliah setelah sebelumnya melakukan test pengetahuan awal, pengenalan aplikasi ini menjadi bagian inti pelaksanaan kegiatan “Bersama Hijnafi di Akhir Pekan”.

“Antusias dari anak panti asuhan ini sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran karena merasa takjub dengan gambar 3D yang dihasilkan oleh aplikasi hijnafi. Tim hajnafi mengajarkan huruf hijaiah baik dalam mengenal bentuknya ataupun mengetahui makhraj tiap huruf. Tak hanya mengajarkan huruf hijaiah, untuk mencairkan suasana belajar tim Hijnafi juga membuat ice breaking di tengah tengah kegiatan dan kuis di akhir.

Muhammad Akhsan Alimuddin salah satu anggota tim kegiatan “Bersama Hijnafi di Akhir Pekan” mengatakan, kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk mengevaluasi kemampuan anak asuh pada pertemuan tersebut. “Adanya berbagai aktifitas seperti ice breaking dan Kuis di tiap pertemuan kami harapkan agar anak asuh termotivasi untuk semakin semangat belajar mengenal huruf hijaiah,” pungkasnya. (*)

*Reporter: Helmi Nurrahma