Suasana Kegiatan PMK-OMK LPM Penalaran UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Setelah melewati seminar proposal, calon anggota Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM mengikuti Seminar Hasil. Kegiatan ini dilaksanakan di Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Sabtu (18/05).

Ketua umum, Wahyudin mengatakan, Calon anggota telah melakukan penelitian lapangan selama 18 hari, dengan 12 judul penelitian. Pada seminar hasil ini kelompok penelitian dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama terdiri dari enam kelompok yang membahas tentang Pendidikan dan Saintek dan kelas kedua terdiri dari enam kelompok yang membahas tentang Sosial Humaniora.

“Setiap kelas kelompok penelitian ditanggapi oleh dua penanggap yang merupakan alumni LPM Penalaran UNM. Adapun tema penelitian di kelas Sains dan Teknologi yaitu Perangkat Pembelajaran, Tata Kelola Lingkungan, Pestisida Alami, Inovasi Pangan, Teknologi Digital, dan Pengembangan Perangkat Lunak. Untuk kelas Pendidikan dan Sosial Humaniora dengan tema Evaluasi Pendidikan, Kompetensi Peserta Didik, Miskonsepsi Siswa, Sekolah Inklusif, Kebijakan Publik, dan Ekonomi Kreatif,” tuturnya.

Wahyudin berharap, terlaksananya seminar hasil dapat diimplementasikan oleh para peserta. Masukan yang mereka terima saat menyeminar hasilkan hasil penelitian nya ini dapat dijadikan bahan evaluasi mereka kedepannya,

“Dengan terlaksananya seminar hasil penelitian PMP-OMK XXII ini semoga hasil-hasil penelitian para peserta nantinya dapat diimplementasikan di masyarakat,” harapnya.

Adapun Salah satu judul penelitian yang diseminarkan adalah Rancang Bangun Ant Mang (Alarm Anti Maling) berbasis Mikrokontroller Arduino Nano menjadi. Penelitian ini merancang sebuah alat anti maling yang terkoneksi dengan smartphone menggunakan Bluetooth untuk mendeteksi kemalingan. (*)

*Reporter: Rara Astuti