HMJ Geografi saat menghelat PKM di gedung FI 106 dan 107 (foto- Cici-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini mengusung tema ‘Membangun Generasi Kreatif dan Inovatif Melalui Program Kreativitas Mahasiswa’ yang berlangsung di gedung FI 106 dan 107 Sabtu (11/5).

Dosen Pembina HMJ Geografi, Uca mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan yang pas untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa jurusan geografi. Mahasiswa Geografi sudah diwajibkan untuk memasukkan proposal PKM dari tahun lalu.

“Ini adalah hasil diskusi bersama dengan ketua jurusan, program studi geografi dan beberapa birokrasi kampus bahwasanya alangkah baiknya kita mewajibkan mahasiswa untuk mengadakan kegiatan seperti ini agar menghasilkan output yang yang dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa yang inovatif,” katanya.

Ia juga menjelaskan, output yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat membantu penilaian keberhasilan jurusan dan dapat meningkatkan akreditasi jurusan tentunya. Salah satu penilaian keberhasilan jurusan itu yah PKM, itu dapat meningkatkan prestasi jurusan dan akreditasi jurusan.

“Kita akan mengusahakan semua itu lewat kegiatan ini agar dapat menghasilkan proposal yang berkualitas nantinya. Dari kegiatan ini harus ada pengembangan baru, menciptakan sesuatu yang baru, berinovasi sekreatif mungkin,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, St, Nur Adriyani berharap, melalui workshop ini banyak peserta yang dapat meloloskan proposal PKM nya hingga ketingkat nasional. Juga diharapkan untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa geografi dalam hal karya tulis ilmiah. “Kami berharap ada output yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini yaitu seperti terkirimnya proposal PKM teman-teman peserta nantinya,” harapnya.

Adapun workshop PKM ini pun menghadirkan beberapa pemateri untuk PKM 5 bidang sendiri. Juga terbuka untuk angkatan 2016 hingga 2018 dan pesertanya ada 91 mahasiswa geografi. (*)

*Reporter: Cici Novianti Achmad