(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM –  Puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama. Bagi umat islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani setiap hari selama Bulan Ramadhan. 

Puasa tidak hanya memperkuat secara spiritual saja, hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa pakar bahwa puasa memiliki banyak manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental. 

Simak tujuh manfaat puasa yang bisa kamu dapatkan dibulan Ramadhan ini, antara lain:

1.Menyehatkan otak

Berfokus pada mental saat Ramadhan dapat meningkatkan kadar faktor neutropik yang diturunkan dari otak atau BDNF. BDNF ini dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel otak yang bisa meningkatkan fungsinya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh para peneliti di Amerika Serikat melalui hasil studi mereka. 

Produksi sel-sel otak juga terbukti dapat mengurangi depresi, kecemasan dan juga risika terkena demensia (pikun). Dengan menahan emosi sast berpuasa, penurunan jumlah hormon stres kortisol juga akan terlihat cukup signifikn.

2. Bikin ramping

 
Dalam agama islam disebutkan bahwa berat badan ideal juga bisa didapatkan dengan cara berpuasa. Namun, hal tersebut juga menjadi berbalik apabila seseorang kembalu kembali ke pola makan harian sebelum Ramadan. Para ahli telah mempercayai dalam jangka panjang, puasa jika dilakukan dengan benar dapat menyehatkan sistem pencernaan dan metabolisme seseorang secara keseluruhan, mempermudahnya untuk mendapatkan berat badan ideal. 

3. Menyingkirkan kebiasaan buruk

Untuk menyingkirkan kebiasaan buruk dapat dilakukan kapan saja. Namun, di Bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan setiap harinya. 

4. Menyehatkan jantung

Bukan hanya menurunkan berat badan saja, Puasa Ramadan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat menyehatkan jantung saat berpuasa. Karena, jantung yang sehat berarti mengurangi risiko terkena penyakit jantung atau bahkan stroke. 

5. Mengatur pola makan

Masalah utama yang sering dialami khususnya pada cewek-cewek yaitu susah diet. Nah, di bulan Ramadan ini kita dapat terhindar dari masalh tersebut, karena pengurangan komsumsi makanan selama puasa dapat menyebabkan perut lama kelamaan mengecil, sehingga kamu hanya perlu makan lebih sedikit agar kenyang. 

Jika kamu ingin memulai kebiasaan makan yang sehat, maka di bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat. Karena, usai Puasa Ramadan nafsu makan akan lebih turun dari biasanya dan tidak akan makan secara berlebihan lagi. 

6. Detoks tubuh

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang paling dikenal adalah untuk membuang racun atau detoks tubuh. Tak hanya detoks secara spiritual saja, namun dengan tidak makan selama 12-13 jam maka tubuh akan diberi kesempatan yang langka untuk mendetoksifikasi sistem pencernaannya selama sebulan penuh. 

7. Tubuh lebih kuat

Dengan tidak makan seharian selama bulan Ramadan, metabolisme tubuh kita akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh hormon yang disebut adiponektin, yang diproduksi dari kombinasi antara puasa dengan makan larut malam. Selain itu, membuat otot tubuh kirlta mampu menyerap nutrisi lebih banyak. (Sumber: Detik.com) (*)

*Reporter: Arwinda Al Muntaz