(Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Ramadan sudah tiba, tentu tradisi buka bersama atau lebih sering disebut bukber sering menjadi acara wajib baik di kalangan anak muda hingga orang tua. Momen bukber tentu dapat menjadi ajang penyambung tali silaturahmi dan juga ajang untuk bersua kembali dengan teman-teman lama.

Namun sering ditemui bahwa ajang buka bersama ini lebih banyak menjadi sebuah wacana saja tanpa ada eksekusi yang jelas. Direncanakan berhari-hari bahkan berminggu-minggu, tapi pada akhirnya ajang buka puasa bersama harus dibatalkan karena kesibukan masing-masing. Lantas bagaimanakah cara menanggulangi hal tersebut? Berikut beberapa tips sederhana agar ajang buka puasa bersama kalian tidak hanya sekadar menjadi wacana.

1.Rencanakan jauh-jauh hari

Perencanaan sangat penting jika ingin mengadakan sebuah acara buka puasa bersama. Apalagi jika yang diajak adalah teman-teman lama. Persiapan jauh-jauh hari adalah hal yang paling utama. Terlebih harus tahu kesibukan teman-teman yang lain. Usahakan rencana bukber tersebut disampaikan sebulan sebelumnya dan jika perlu 2 bulan sebelumnya. Karena patut diingat, jika perencanaan yang mendadak. Maka bersiaplah rencana bukber tersebut hanya menjadi wacana.

2.Tentukan lokasi yang pasti

Kepastian lokasi wajib disertakan jika ingin mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman. Kita harus dapat memastikan di mana lokasi yang pas, tepat dan menyenangkan untuk buka puasa bersama teman. Dan tentunya, saat bulan puasa tempat-tempat seperti cafe dan resto harus dipesan terlebih dahulu. Kalian harus cepat dalam memesan lokasi karena tidak hanya kalian yang ingin mengadakan acara buka bersama tersebut.

3.Sering-sering lakukan follow-up

Manusia tentu tidaklah sempurna, begitu juga teman-teman yang kalian ajak buka puasa bersama. Follow-up atau selalu mengingatkan penting kalian lakukan agar teman-teman yang lain tidak lupa dengan rencana tersebut. Tidak ada alasan lupa jika kita sudah mau meluangkan waktu untuk mengingatkan rencana bukber terhadap teman-teman.

4.Pastikan teman-teman yang kita ajak sudah berada di daerah yang sama

Faktor berdekatan lokasi tentu krusial jika kalian merencanakan buka puasa bersama teman-teman. Apalagi jika teman-teman yang di ajak sedang kuliah atau bekerja di luar daerah. Kalian harus memastikan bahwa mereka yang kalian ajak harus sudah berada di daerah yang sama dengan kalian. Jika tidak ada kepastian, tentu akan sulit untuk mengadakan bukber.

5.Rela berkorban

Walaupun tidak sedalam kalimatnya, memang diharuskan rela berkorban. Rela berkorban disini dalam artian mau meluangkan waktu untuk mengingatkan, mencari lokasi bukber yang pas, membayar dp makanan dan tentunya mengumpulkan teman-teman itu pastinya mempunyai kesibukannya masing-masing. Jadi jika acara bukber berhasil. Pengorbanan kalian tidak akan sia-sia.

6.Tetap laksanakan bukber berapapun jumlah pesertannya

Kadang ditengah ketidakpastian berapa jumlah yang hadir dalam acara bukber membuat wacana bukber tersebut lambat laun batal. Cara menyikapi hal tersebut adalah tetap adakan bukber berapa pun jumlah orang yang dapat hadir. Karena jika tidak begitu, acara bukber akan selalu menjadi wacana.

7.Niat yang tulus

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah niat. Dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk menjalin tali silaturahmi melalui ajang buka puasa bersama, tentunya usaha kalian tentunya akan dimudahkan dalam prosesnya. Tidak perlu ragu dan takut. Jika itu niat yang tulus maka percayalah acara buka puasa bersama kalian tidak hanya sekadar menjadi wacana.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda coba agar bukbermu terlaksana. Semoga berhasil!. (*)

*Reporter: Supriadi