Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu angkatan XVIII Kab. Polman Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penanaman 1000 mangrove di Panta Mampie, Desa Galeso, Kec. Wonomulyo, Kab. Polewali Mandar, Minggu (28/4). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu angkatan XVIII Kab. Polman Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penanaman 1000 mangrove di Panta Mampie, Desa Galeso, Kec. Wonomulyo, Kab. Polewali Mandar, Minggu (28/4).

Mengusung tema ‘ Revitalisasi Mangrove Sebagai Bentuk Pencegahan Abrasi’. Koordinator Kabupaten, Ali Muskar mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Alasan ia mengambil lokasi tersebut dikarenakan, kondisinya yang memprihatinkan akibat abrasi .

“Pencegahan semakin parahnya abrasi di pesisir mampie karna melihat keadaan pesisir mampie sudah mengalami abrasi yang sangat parah,” katanya.

Ia melanjutkan, proses penanaman tersebut cukup mendapat antusias dari masyarakat dan pemerintah setempat. Ini dilihat dari banyaknya, masyarakat yang hadir untuk melihat prosesi penanaman tersebut.

“Ada sekitar tiga ratusan mahasiswa yang ikut serta masyarakat, dinas lingkungan hidup dan kehutanan polewali mandar, BKSDA sulselbar Wilayah 1 mamuju, dinas kelautan dan perikanan Polewali Mandar, pemerintah desa dan kecamatan, kpa kalpataru sulbar, kpa natural, Sispala SMAN 1 Polewali Mandar,” lanjutnya.

Mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif ini berharap, apa yang dilakukannya hari ini bisa dirasakan manfaatnya kelak. “Semoga yang kami lakukan hari ini bermanfaat untuk masyarakat mampie setidak kalau mereka belum bisa menikmatinya untuk anak cucu kita kedepannya,” harapnya. (*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia